Malang, 31 Mei 2024 Himpunan Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan IPS menyelenggarakan kegiatan “Bina Desa” di kelurahan Mulyorejo RW 2, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Tujuan dari bina desa untuk meningkatkan keterampilan masyarakat utamanya limbah rumah tangga berupa serat kelapa sebagai alternatif media tanam dalam upaya reduksi sampah plastik. 

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yakni tanggal 30 s.d 31 Mei 2024 mulai pukul 07.00 WIB dengan acara sosialisasi dan praktek serta revitalisasi. Pembukaan dan sambutan kegiatan pada tanggal 30 Mei 2024 dibuka secara resmi oleh Bapak Siswanto Heru, S.SoS., M.M selaku Kepala Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Berdasarkan sambutan Lurah Mulyorejo beliau menyampaikan “terima kasih karena telah memberikan sumbangsih dan kontribusi pengetahuan kepada warga RW 02 Mulyorejo, Sukun, Malang. Diharapkan dari kegiatan ini warga bisa mengelola sampah atau limbah masing-masing menjadi lebih bermanfaat, sehingga mengurangi intensitas jumlah sampah yang masuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Selain itu pemanfaatan menjadi media tanam ini termasuk ramah lingkungan dan media tanam organik yang baik sebagai alternatif pengganti tanah untuk media tanam”.

Selain sambutan dari pihak kelurahan dalam acara ini juga secara resmi disampaikan sambutan oleh Koordinator Tata Usaha FIS sebagai perwakilan dari Fakultas Ilmu Sosial. Dalam pelaksanaan kegiatan pada hari pertama akan dijelaskan oleh 2 pemateri dari mahasiswa yang telah berhasil menerapkan media tanam tersebut dalam lokakarya yakni Saudari Octavia Tyluh Safitri dan Diana Permatasari. Pasca penjelasan peserta langsung diberikan kesempatan praktek pembuatan media tanam menggunakan sabut kelapa. Pada sore hari mahasiswa melakukan kegiatan sharing session untuk keberlajutan kegiatan dan program-program ormawa sampai dengan waktu istirahat pukul 21.00 WIB.

Agenda hari kedua kegiatan mahasiswa yakni revitalisasi balai RW. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB s.d 15.00 WIB. Kegiatan ini ditutup dengan diskusi dan evaluasi dengan ketua RW 2 Mulyorejo. Dari kegiatan ini secara umum berjalan dengan lancar dan seluruh pihak yang terlibat telah melaksanakan kegiatan dengan baik serta kembali ke Fakultas Ilmu Sosial dalam keadaan baik. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu Kelurahan Mulyorejo memiliki tindak lanjut, selain dengan membekali ibu-ibu PKK keterampilan mengelola sampah organik menjadi media tanam.