Malang, 29 April 2024 – Siswa-siswa dari SMAN 1 Lumajang mengambil langkah pertama mereka menuju kesuksesan akademik dengan mengadakan kunjungan eksploratif ke Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan langsung kepada siswa tentang dunia perguruan tinggi dan membantu mereka merencanakan masa depan pendidikan mereka dengan lebih baik. Dalam kunjungan tersebut, sebanyak 200 siswa. Mereka diberi kesempatan untuk mengenal lingkungan kampus, fasilitas akademik, program studi yang ditawarkan, serta bertemu langsung dengan para dosen dan mahasiswa.

Menurut Bapak Kepala Sekolah SMAN 1 Lumajang, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya sekolah untuk memberikan pengalaman belajar yang beragam kepada siswa di luar lingkungan kelas. “Kunjungan ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa kami dalam memahami berbagai pilihan pendidikan tinggi yang tersedia dan menginspirasi mereka untuk meraih cita-cita akademik mereka,” ujarnya. Salah satu siswa, Firel, menyambut antusias kegiatan ini. “Ini adalah pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Saya sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang diharapkan dari kehidupan kampus dan saya merasa lebih termotivasi untuk bekerja keras mencapai tujuan saya,” kata Firel dengan antusias.

Kunjungan ini juga mendapat dukungan positif dari pihak Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang  yang disampaikan oleh Bapak Syamsul Bachri, S.Si., M.Sc., Ph.D. selaku Wakil Dekan III FIS UM, menyambut baik kedatangan siswa-siswa SMA. “Kami senang bisa berbagi informasi tentang program studi kami kepada para siswa SMAN 1 Lumajang. Kami berharap kunjungan ini dapat membantu siswa-siswi membuat keputusan yang tepat dalam merencanakan masa depan pendidikan mereka,” ungkap Bapak Syamsul. Diharapkan, kegiatan semacam ini akan terus dilakukan di masa mendatang untuk membantu siswa-siswa SMA mempersiapkan diri mereka secara lebih baik untuk melangkah ke jenjang pendidikan tinggi dan menggapai kesuksesan di masa depan.