Himpunan Mahasiswa Departemen Sejarah “JAS MERAH” melaksanakan kegiatan Branding Situs “Situs Pendem” secara offline (langsung) ke Situs Pendem selama 3 hari, yaitu pada 7-9 Juni 2024. Tema kegiatan pada Branding Situs ini adalah “Merawat Warisan Budaya dan Memperkuat Kesadaran Sejarah Generasi Muda Melalui Pemberdayaan Situs Pendem”. Kegiatan Branding Situs ini dilakukan oleh mahasiswa Sejarah sebagai bentuk untuk mengenalkan dan menyadarkan masyarakat secara luas akan Situs Sejarah. Hal ini tidak lain karena kurang tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya keberadaan Situs Sejarah, terutama pada kalangan generasi muda. Untuk mengantisipasi hal tersebut diperlukan langkah bijak, sehingga edukasi dan penyadaran menjadi kunci utama dalam penyelamatan Situs Sejarah agar tetap lestari dan tetep terjaga.

Kegiatan yang dilakukan mahasiswa Sejarah ini juga sebagai bentuk pengabdian mahasiswa Sejarah kepada masyarakat. Pengabdian ini sebagai wujud nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pada Pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan. Sebagai seorang mahasiswa penggerak perubahan menjadi elemen penting dalam perubahan masyarakat terutama dalam kesadaran akan Situs Sejarah. Sehingga dalam proses pengembangannya, diharapkan mahasiswa jurusan Sejarah dapat berinteraksi dan terjun langsung ke lapangan secara langsung serta mendapatkan pengalaman yang berharga dari kegiatan ini.

Dalam rangka kegiatan Branding Situs yang dilakukan di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu dilaksanakan dengan pembukaan lalu dilanjutkan dengan kegiatan kenduri bersama. Pada hari kedua mahasiswa Sejarah membuat sebuah output yang berupa papan penunjuk arah yang berfungsi sebagai penanda arah ke Situs Pendem supaya masyarakat selain Desa Pendem mengetahui lokasi tersebut, selanjutnya pemberian tong sampah, selanjutnya pemasangan papan informasi yang berfungsi sebagai pemberian informasi kepada masyarakat selain Desa Pendem supaya mengetahui apa itu Situs Pendem. Selain itu, mahasiswa Sejarah juga melakukan bersih-bersih di sekitar area Situs Pendem supaya terlihat bersih dan rapi. Lalu, kegiatan selanjutnya di malam hari adalah pentas seni yang terdiri dari TKB (Teater Kilas Balik), lalu ada penampilan tari tradisional dari Subversif lalu ditutup dengan nonton bareng bersama warga Desa Pendem.

Setelah pengerjaan output, mahasiswa Sejarah mendapatkan materi dari Bapak Najib Jauhari, S.Pd, M.Hum. tentang “Merawat Warisan Budaya” yang bertujuan agar mahasiswa Sejarah jadi lebih tau bagaimana cara menjaga serta warisan budaya yang sangat penting bagi Generasi Muda. Pemateri selanjutnya adalah Bapak Ronal Ridhoi, S.Hum, M.A. tentang “Memperkuat Kesadaran Generasi Muda” yang bertujuan agar mahasiswa Sejarah dapat menumbuhkan akan pentingnya sadar akan sejarah.