Minggu, 31 Maret 2024 – Seluruh anggota HMD Geografi “VOLCANO” 2024 mengikuti kegiatan upgrading yang bertempat di Aula Ki Hajar Dewantara Lt.7 FIS Universitas Negeri Malang. Upgrading merupakan kegiatan pembaharuan atau peningkatan kualitas keanggotaan dalam berorganisasi. Adanya program kerja ini diharapkan anggota dapat menjalankan profesionalisme yang didorong oleh inovasi, kreativitas, dan kemampuan setiap pengurus, sehingga program kerja dapat berjalan dengan baik selama satu periode kedepan. Program kerja upgrading 2024 mengusung tema “Pengembangan Himpunan Mahasiswa Departemen Geografi untuk Memperkuat Kemampuan Leadership dan Teamwork Berlandaskan Profesionalisme dengan Inovasi, Kreasi, dan Kompetensi”.

Serangkaian kegiatan kali ini, pertama diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan dilanjutkan oleh sambutan-sambutan. Dilanjutkan oleh penyampaian materi, berikut adalah lima pemateri beserta materi yang disampaikan:

  1. Entrepreneurship oleh Cintya Fandani Rivaldi
    Cintya, seorang mahasiswa departemen geografi demis HMD Geografi Angkatan 20 dan juga merupakan entrepreneur sukses lewat bisnis onlinenya, menginspirasi peserta dengan penyampaian perjalanannya saat memulai bisnis online dan memberikan materi tentang kewirausahaan. Ia membahas cara memulai bisnis, mengidentifikasi peluang pasar, dan mengembangkan mindset entrepreneur yang. Cintya menegaskan bahwa seorang entrepreneur harus memiliki pikiran yang unik “Berpikir out of the box atau melihat sesuatu secara berbeda” ucapnya.
  2. Leadership dalam Keorganisasian oleh Novi Silvia
    Pemateri Leadership kali ini merupakan demis HMD Geografi Angkatan 2021 yang menjabat sebagai wakil ketua umum HMD Geografi 2021 yaitu Novi Silvia. Materi yang dibawakan mengenai kepemimpinan dalam organisasi. Ia menyoroti karakteristik pemimpin yang baik dan bagaimana memimpin tim dengan efektif. Kepemimpinan berarti seorang pemimpin harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai pribadi yang mereka anut seperti yang dikatakan Novi Silvia “Know your own values” ujarnya.
  3. Public Speaking oleh Ihdina Maharani
    Ihdina merupakan demis HMD Geografi angkatan 2021, dengan penyampaian yang lugas dan interaktif, ia menyampaikan pelatihan tentang public speaking. Ia memberikan tips dan trik bagaimana berbicara di depan umum dengan percaya diri dan menarik perhatian audiens. Menurutnya kunci dari seni dalam berbicara adalah inovasi dan kreasi. Adapun indikasi dalam berbicara di depan umum “dapat menerima dan menangkap serta menangkap yang kita sampaikan atau tidak…” ujarnya.
  4. Kesekretariatan, Prosiding, Publikasi oleh Aldi Permadi
    Aldi Permadi merupakan demis HMD Geografi angkatan 2021 yang menjabat sebagai sekretaris umum HMD Geografi angkatan 2021. Materi yang disampaikan mengenai manajemen kesekretariatan yang efektif, penyusunan prosiding yang baik, dan publikasi yang efektif. Ia juga berbagi tips dan pengalamannya selama menjabat menjadi sekretaris umu HMD Geografi angkatan 2021 dan berbagi tentang bagaimana mengelola dokumen dan informasi dengan efisien khususnya persuratan. Ia juga memberikan soal penomoran surat pada anggota dan apabila ada anggota yang berhasil menjawab diberi hadiah khusus.
  5. Sponsorship oleh El Haq
    El Haq seorang profesional di bidang sponsorship serta perintis usaha libeltix merupakan ketua BEM FIS UM tahun 2019, ia membuka sesi pertama dengan membahas strategi mendapatkan dukungan dari pihak ketiga untuk berbagai kegiatan organisasi. Ia menekankan pentingnya membangun hubungan yang baik dengan sponsor dan cara membuat proposal yang menarik. Dalam akhir penyampaiannya ia tertarik untuk membantu proposal sponsorship salah satu program kerja HMD Geografi “Nanti kalau ada kesempatan mungkin saya bisa bantu untuk sponsor proker geosentris…” ungkapnya.