Aksi Bersih Sungai Brantas adalah kegiatan sosial yang diselenggarakan dengan tujuan untuk membersihkan dan mengurangi pencemaran di Sungai Brantas, salah satu sungai terpanjang dan terpenting di Jawa Timur. Kegiatan ini melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk akademisi, mahasiswa, organisasi lingkungan, dan penduduk setempat, untuk bekerja sama dalam membersihkan sampah dan limbah yang mencemari sungai. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat tercipta kesadaran kolektif tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, serta mendukung implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Pada kegiatan ini, dosen PIPS, FIS, Universitas Negeri Malang (UM)ikut berpartisipasi dalam aksi bersih sungai. Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan sampah dan limbah yang mencemari sungai, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya mendukung implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

Kegiatan ini bertujuan: 1. Meningkatkan Kesadaran Lingkungan: meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar Sungai Brantas tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan kebersihan dan pelestarian lingkungan. 2. Mendukung Implementasi SDGs: mendukung tujuan SDGs, terutama yang berkaitan dengan akses terhadap air bersih dan sanitasi layak, pembangunan kota dan komunitas yang berkelanjutan, serta penanganan perubahan iklim 3. Penguatan Kolaborasi dan Kemitraan: membangun kerjasama antara Universitas Negeri Malang dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah, organisasi lingkungan, dan masyarakat setempat. 4. Penelitian dan Pendidikan: menyediakan peluang bagi dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian terkait lingkungan dan kebijakan publik dan memanfaatkan kegiatan ini sebagai bahan ajar dan studi kasus dalam mata kuliah terkait isu-isu lingkungan, kebijakan publik, dan pembangunan berkelanjutan. 5. Peningkatan Kualitas Lingkungan: mengurangi jumlah sampah dan limbah di Sungai Brantas untuk meningkatkan kualitas air dan ekosistem sungai menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat bagi masyarakat yang tinggal di sekitar sungai.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif yang nyata bagi lingkungan dan masyarakat, serta memperkuat komitmen Universitas Negeri Malang dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Sumber: http://pips.fis.um.ac.id