Universitas Negeri Malang (UM) pada Sabtu (3/8) menyelenggarakan Wisuda Periode ke-126 di Gedung Graha Cakrawala. Prosesi wisuda yang dihadiri oleh seluruh Pimpinan UM ini diikuti 1.250 calon wisudawan. Dalam wisuda periode ini, UM telah meluluskan total 159.155 mahasiswa, yang terdiri dari 2.581 lulusan program Doktor, 12.888 lulusan program Magister, 105.582 lulusan program Sarjana, 7 lulusan program Diploma IV, 17.137 lulusan program Diploma III, 2.947 lulusan PPG, dan 18.013 lulusan program Non Gelar.

Untuk wisuda periode ke-127 pada Minggu (4/8) di Gedung Graha Cakrawala yang dihadiri langsung oleh Ketua Senat Akademik UM, Rektor UM, Wakil Rektor, Dekan Fakultas, jajaran pejabat lainnya beserta orang tua/wali. Pada wisuda kali ini, UM berhasil meluluskan sebanyak 1.250 mahasiswa yang diantaranya mendapatkan predikat lulusan terbaik dibidang akademik maupun non-akademik.

Selanjutnya Rektor memberikan penekanan kepada seluruh alumni yang sudah diwisuda untuk dapat mengisi Indeks Kinerja Utama (IKU). “Kementerian Kemendikbud Ristek menilai sebuah institusi dari pengisian IKU, karenanya IKU sangat berpengaruh besar terhadap sebuah institusi, antara lain ketepatan lulusan, alumni yang melanjutkan studi dan alumni yang sedang bekerja,” ungkap Rektor.

Dalam penutup pidatonya, Rektor mengajak semua orang untuk mengingat kembali makna pepatah jawa kurangi dahar lan sare. “Dari makna ajaran leluhur kita semua dapat mengartikan untuk kurangi makan dan tidur, karenanya banyak leluhur kita semua yang tirakat (bermunajat malam hari) doa-doanya dapat dikabulkan semua, serta seluruh agama sangat menganjurkan untuk semua orang berpuasa,” tutupnya.

Dengan terselenggaranya Wisuda ini, UM semakin meningkatkan komitmennya untuk mencetak para mahasiswa yang berkualitas dari aspek intelektual maupun spiritual dan terus meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua orang.

Download Foto Dokumentasi Wisuda
Wisuda 126 | Wisuda 127

Video Live streaming Youtube
Wisuda 126 | Wisuda 127