Malang, 21 Juli 2024 – Universitas Negeri Malang (UM) melakukan langkah proaktif dalam mendukung target Sustainable Development Goals (SDGs) poin 11 (Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan) dan poin 13 (Penanganan Perubahan Iklim). Dalam upaya ini, Dosen Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UM melakukan penilaian kerentanan daerah rawan longsor di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi wilayah rawan longsor yang dapat mengancam keselamatan masyarakat serta mengganggu kegiatan pariwisata di wilayah tersebut.

Kecamatan Pesanggaran dikenal sebagai salah satu wilayah di Kabupaten Banyuwangi yang memiliki destinasi wisata dengan potensi alam yang luar biasa. Namun, daerah ini juga memiliki risiko terhadap bencana longsor, terutama pada musim hujan. Kondisi geografis yang rentan terhadap longsor menimbulkan kekhawatiran bagi lingkungan dan keberlanjutan pariwisata di daerah ini. Fokus utama pada kegiatan ini adalah melakukan identifikasi titik-titik rawan longsor dan memberikan rekomendasi untuk mitigasi bencana yang dapat mengurangi risiko dan dampak negatif terhadap masyarakat dan sektor pariwisata.

Hasil dari kegiatan ini dapat memberikan data yang akurat dan terkini kepada pemerintah daerah serta masyarakat setempat yang menunjukkan bahwa beberapa daerah di Kabupaten Pesanggaran memiliki risiko tinggi terhadap tanah longsor, terutama di lereng-lereng bukit yang curam. Kegiatan ini juga memiliki dampak positif terhadap sektor pariwisata. Dengan penilaian kerentanan longsor, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi wisatawan dan mendorong pengelolaan destinasi wisata yang berkelanjutan.

Penilaian kerentanan daerah rawan longsor di Kecamatan Pesanggaran ini merupakan salah satu dari sekian banyak program yang dilakukan oleh Universitas Negeri Malang dalam rangka mendukung pencapaian SDGs di Indonesia. Dengan kolaborasi antara lembaga pendidikan, pemerintah, dan masyarakat, diharapkan tercipta lingkungan yang aman, sehat, dan berkelanjutan bagi generasi mendatang. UM terus berkomitmen untuk berperan aktif dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat luas, sekaligus memperkuat peran pendidikan tinggi dalam pembangunan nasional.