Geokapabalitas merupakan kompetensi yang harus dimiliki individu yang mempelajari geografi termasuk guru dan siswa. Kompetensi ini perlu ditingkatkan terutama bagi guru agar mampu mengimplementasikan geokabapalitas dalam pembelajaran di kelas sehingga membuat geografi menjadi lebih bermakna. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan geokabapalitas guru geografi dengan memanfaatkkan teknologi geospasial. Teknologi geospasial merupakan sarana bagi guru untuk membuat pembelajaran semakin menyenangkan, mengingat siswa saat ini sangat melek terhadap perkembangan teknologi sehingga pembelajaran perlu disesuaikan dengan perkembangan zaman. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan geokapabilitas bagi guru geografi yaitu dengan melakukan pendampingan terhadap pemanfaatan teknologi geospasial sekaligus mengintegrasikannya dalam pembelajaran geografi di kelas. Selain itu, pendampingan ini juga dilakukan untuk penguatan kerjasama antara MGMP Geografi Kabupaten Sidoarjo dengan Departemen Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.
Kegiatan pendampingan pertama dilaksanakan pada senin, 19 Agustus 2024 di SMAN 4 Sidoarjo. Kegiatan diikuti oleh 45 guru anggota MGMP Geografi Kabupaten Sidoarjo. Narasumber pada kegiatan pendampingan yaitu Dr. Dicky Arinta, M.Pd, Mohammad Arif, S.Si., M.Pd, Fatiya Rosyida, M.Pd, dan Alfi Sahrina, M.Pd. Materi yang disampaikan terkait pemanfaatan teknologi geospasial yang dapat digunakan dalam pembelajaran melalui pemanfataan aplikasi yang mudah diakses oleh Guru atau bahkan telah digunakan sehari-hari. Guru diperkenalkan pada GPS Map Camera untuk ploting Lokasi data, google earth untuk memetakan data yang diperoleh saat menggunakan GPS Map Camera, Aplikasi Windy digunakan untuk melihat perkiraan data cuaca, penggunaan drone untuk memetakan daerah sekitar, pemanfaatn INA Geoportal untuk akses peta dalam pembelajaran
Selain pemaparan di dalam kelas, kegiatan pendampingan ini dilanjutkan dengan praktek lapangan tentang penggunakan pesawat tanpa awak (drone) untuk melakukan pemetaan atau mapping di area kajian atau kasus yang dihadirkan dalam kelas. Pemaparan juga menyampaikan level dari geograkapabiltas sehingga dapat diintergrasikan dengan pembelajaran berdiferensiasi. Level basis adalah memahami dunia secara geografis dengan GPS Map Camera dapat melatih geokapilitas guru khususnya pada aspek pemikiran spasial. Memecahkan masalah geografis dengan analisis hasil obeservasi dan interpertasi citra dengan google earth dapat melatih aspek pemikiran terintegratif. Pemanfataan aplikasi windy digunakan terkait cuaca, suhu, arah angin dan lainnya dapat melatih aspek pemikiran terstruktur. Serta pemanfaatan aplikasi lain tentang keruangan dan kewilayahan dapat juga digunakan untuk peningkatan aspek geokapilitas yang lain termasuk ethical subject dan berpikir imaginative. Melalui teknologi geospasial dapat melatih kemampuan geokapabilitas sehingga membuat pembelajaran geografi lebih menyenangkan.
Yang terlibat dalam kegiatan:
Dosen dan Tendik meliputi Fatiya Rosyida, M.Pd, Alfi Sahrina, M.Pd, Dr. Dicky Arinta, M.Pd, Mohammad Arif, S.Si dan 45 Guru Geografi dari MGMP Geografi Sidoarjo.