Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP yang aktif dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada profil SIAKAD dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.ristekdikti.go.id/ DEMI MASA DEPAN ANDA

WORKSHOP PENGEMBANGAN LABORATORIUM FIS UM

| Oktober 4, 2017 | 0 Comments

Untuk memaksimalkan peran laboratorium sebagai penunjang pendidikan, penelitian dan pengabdian Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan Workshop Pengembangan Laboratorium Tahun 2017.     Acara ini berlangsung selama 2 (dua) hari, mulai tanggal 29 – 30 September 2017 bertempat di Hotel Royal Orchids Garden Batu. Peserta dalam kegiatan ini adalah tim Pengembang Laboratorium dari Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Jurusan Geografi, Jurusan Sejarah, Prodi S1 Pendidikan IPS dan Jurusan Sosiologi.

Acara ini dimulai pada hari Jum’at tanggal 29 September  2017 pukul  09.00 WIB dan berakhir  pukul 12.00 WIB pada hari Sabtu 30 September 2017. Dalam sambutannya Wakil Dekan I FIS menyampaikan berdasarkan Buku Pedoman Pendidikan Universitas Negeri Malang Tahun 2016/2017, fakultas sebagai unsur pelaksana akademik menyelenggarakan pendidikan dan mengelola jurusan yang dapat tersusun atas program studi, laboratorium, studio, bengkel, kebun percobaan dan unsur pelaksana akademik lain sesuai dengan tridharma perguruan tinggi. Laboratorium merupakan unsur penting dan salah satu syarat bagi keberadaan suatu perguruan tinggi (Sonhadji, 2002). Hal penting yang diperankan oleh laboratorium guna mendukung pencapaian tujuan pendidikan di perguruan tinggi dalam menyiapkan kompetensi peserta didik, antara lain: memperkaya keilmuan, teknologi, dan seni serta mengembangkan dan menggunakannya di tengah kehidupan masyarakat. Serta berperan sebagai kekuatan moral dan keunggulan kompetitif. Oleh karenanya, diperlukan pengelolaan laboratorium perguruan tinggi yang handal sehingga mampu menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni serta kebutuhan masyarakat. Laboratorium menjadi wadah dalam kegiatan dosen, mahasiswa, serta masyarakarat secara umum. Laboratorium dapat dibedakan dalam ruangan tertutup dan terbuka serta bersifat permanen atau bergerak. Dalam penyelenggaraan perkuliahan, laboratorium mempunyai peran yang sangat penting karena menjadi tempat perkuliahan praktikum yang bertujuan untuk mengaplikasikan teori dalam situasi dan kondisi terbatas. Laboratorium juga mempunyai peranan yang sangat vital dalam penyelenggaraan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara laian Wakil Dekan II FIS Dr. Sri Untari, M.Si, Wakil Dekan III Dr. I Nyoman Ruja, SU, Kabag. Tata Usaha dan Kasubag. Akademik dan Kemahasiswaan.

Pengarahan oleh Wakil dekan I FIS UM Dr. Joko Sayono, M.Pd, M.Hum didampingi Kabag. TU FIs Suparman, S.Sos, M.AP

Kerja Kelompok Tim Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan

Kerja Kelompok Tim Prodi IPS

Kerja Kelompok Tim Jurusan Sosiologi

Kerja Kelompok Tim Jurusan Geografi

Presentasi Pedoman Penggunaan Laboratorium Prodi IPS

Presentasi Pedoman Penggunaan Laboratorium Jurusan Geografi

Category: Berita, Galeri

About the Author ()

Leave a Reply