PENGEMBANGAN MEDIA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP

 Ach. Amirudin

Jurusan Geografi, FIS Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5 Malang

 

Abstrak: Kesadaran akan pentingnya media yang dapat membantu pembelajaran sudah mulai dirasakan, termasuk pembelajaran lingkungan hidup. Pengelolaan media pembelajaran sudah sangat dibutuhkan. Selain itu, dengan semakin meluasnya kemajuan di bidang komunikasi dan teknologi, serta diketemukannya dinamika proses pembelajaran, maka pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pembelajaran lingkungan hidup semakin menuntut dan memperoleh media pendidikan yang bervariasi  secara luas pula. Media merupakan alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1997). Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media. Teknologi komputer merupakan pendukung media pembelajaran memungkinkan menghadirkan beberapa atau semua bentuk stimulus di atas sehingga pembelajaran lingkungan hidup akan lebih optimal. Media pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat. Media pembelajaran harus meningkatkan motivasi pembelajar, selain itu media juga harus merangsang pembelajar mengingat apa yang sudah dipelajari selain memberikan rangsangan belajar baru. Media yang baik juga akan mengaktifkan pembelajar dalam memberikan tanggapan, umpan balik dan juga mendorong mahasiswa untuk melakukan praktek-praktek dengan benar. Karakteristik dan kemampuan masing-masing media perlu diperhatikan oleh guru agar mereka dapat memilih media mana yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

Artikel ini dimuat pada Jurnal Pendidikan Geografi, Tahun 18 Nomor 2, Juni 2013,  ISSN 0852-5426