Setelah sukses menyelenggarakan Workshop Penyusunan PKM GT (Gagasan Tertulis) dan PKM AI (Artikel Ilmiah) Prodi S1 Pendidikan IPS, kini Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang menyelenggarakan Workshop Penyusunan PKM GT (Gagasan Tertulis) dan PKM AI (Artikel Ilmiah) Jurusan Hukum Kewarganegaraan dan JurusanSejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Tahun 2016.

Tujuan dari diselenggarakanya kegiatan ini adalah : 1) Untuk menghasilkan karya tulis yang berkualitas; 2) Memotivasi Mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial UM untuk aktif meningkatkan kreativitas di bidang penulisan berbagai karya ilmiah; 3) Memupuk bakat dan minat Mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial UM dalam bidang penulisan karya tulis ilmiah dalam PKM-AI, dan menyiapkan mahasiswa untuk mengikuti lomba ilmiah mahasiswa tingkat Universitas; 4) Dapat memunculkan ide-ide kreatif Mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial UM agar dapat menyelesaikan permasalahan – permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

Acara tersebut dilakukan di 2 tempat yang berbeda, yakni Jurusan Hukum Kewarganegaraan di Ruang HKn Center FIS UM dan Jurusan Sejarah di Aula Pasca Sarjana UM. Acara dihadiri oleh 370 mahasiswa, 180 mahasiswa jurusan HKn dan 190 mahasiswa Jurusan Sejarah. Dimulai bersamaan jam 08.00 WIB dengan dimulai pembukaan dan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan dari Wakil Dekan III FIS UM, dan dilanjutkan dengan penyampaian pemateri oleh masing – masing pemateri.

Pemateri di Jurusan HKn antara lain Dra. Arbaiyah Prantiasih, M.Si, Drs. Margono, M.Pd, M.Si, Dr. Nuruddin Hady, SH, M.Hum, Dr. Didik Sukriono, SH, M.Hum, dan pemateri di Jurusan Sejarah antara lain Ulfatun Nafi’ah S.Pd., M.Pd, Najib Jauhari, S,Pd., M.Hum, Drs. Mashuri, M.Hum, Daya Negeri Wijaya, S.Pd., M.A.

Workshop tersebut berjalan sangat lancar dan mereka sangat antusias dalam mengikuti workshop hingga sampai akhir.