Setyo Reni Ningtyas

Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Pembelajaran Sejarah di SMP Negeri 4 Malang Tahun Ajaran 2010/2011.

ABSTRAK
Ningtyas, Setyo Reni. 2010. Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Pembelajaran Sejarah di SMP Negeri 4 Malang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Hariyono, M.Pd.

Kata Kunci: Penerapan, KTSP, Pembelajaran Sejarah.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP merupakan salah satu wujud reformasi pendidikan yang memberikan otonomi luas pada setiap satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan potensi, tuntutan, dan kebutuhan masing-masing. SMP Negeri 4 Malang merupakan salah satu sekolah berstandar nasional di kota Malang. Sebelum menjadi SMP Negeri 4 Malang, tepatnya pada saat masih menjadi PPSP, sekolah ini dalam sistem pengajarannya telah menerapkan sistem modul, tetapi dalam perkembangannya sistem modul ini tidak diterapkan lagi. Dalam pelaksanaan KTSP IPS di SMP Negeri 4 Malang masih terbagi dalam tiap bahan kajian, sehingga rekomendasi pembelajaran terpadu masih belum terlaksana. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah:(1) bagaimanakah pemahaman guru Sejarah mengenai KTSP di SMP Negeri 4 Malang, (2) bagaimanakah penerapan KTSP pada pembelajaran Sejarah di SMP Negeri 4 Malang, (3) apakah faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan KTSP di SMP Negeri 4 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pemahaman guru Sejarah mengenai KTSP, (2) untuk mendeskripsikan penerapan KTSP pada pembelajaran Sejarah, (3) untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan KTSP.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah pemahaman guru Sejarah di SMP Negeri 4 Malang mengenai KTSP, penerapan KTSP pada pembelajaran Sejarah di SMP Negeri 4 Malang serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan KTSP pada pembelajaran Sejarah di SMP Negeri 4 Malang. Untuk memperoleh data digunakan metode observasi partisipatif pasif (passive participation), wawancara mendalam (in dept interview),studi dokumentasi. Untuk menguji objektivitas dan keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber . Triangulasi sumber berarti untuk mendapatkan data dari sumber yang berbeda-beda dengan teknik yang sama.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman guru Sejarah di SMP Negeri 4 Malang mengenai KTSP sebagian besar masih terbatas hanya mengetahui secara garis besarnya. Guru hanya mampu memahami konsep dasar KTSP. Dalam kegiatan pembelajaran guru Sejarah telah menyusun program-program sesuai dengan acuan dalam KTSP, program tersebut seperti program tahunan, program semester, program mingguan dan harian, program pengayaan dan remedial, serta program pengembangan diri. Pengembangan silabus oleh guru

unduh dokumen:
DOC | PDF | PS | PPT