Rika Dwi Wulandari

Problematika Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Kelas RSBI di SMP Negeri 3 Malang Tahun Ajaran 2009/2010.
ABSTRAK
Rika Dwi Wulandari 2010. Problematika Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Kelas RSBI di SMP Negeri 3 Malang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Nur Hadi, M.Pd, M.Si.

Kata Kunci:problematika, guru sejarah, media pembelajaran, RSBI.
Media pembelajaran merupakan bagian integral dari proses pembelajaran dan memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses pembelajaran di kelas. Kegiatan belajar dengan memanfaatkan media pembelajaran dalam pembelajaran sejarah diyakini akan memotivasi dan membantu peserta didik untuk menguasai materi sejarah. Dalam pemanfaatan media pembelajaran di kelas, guru sering
menghadapi problematika atau kendala baik internal maupun ekternal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah penggunaan atau pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran sejarah pada kelas RSBI di SMP Negeri 3 Malang ? (2) Bagaimanakah problematika yang dialami guru sejarah dalam pemanfaatan media pembelajaran pada kelas RSBI di SMP Negeri
3 Malang ? (3) Bagaimanakah cara mengatasi problematika yang dialami oleh guru sejarah dalam pemanfaatan media pembelajaran pada kelas RSBI di SMP Negeri 3 Malang ?
Penelitian ini bertujuan : (1) Mendeskripsikan penggunaan atau pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran sejarah pada kelas RSBI di SMP Negeri 3 Malang, (2) Mendiskripsikan problematika yang dialami gursejarah dalam pemanfaatan media pembelajaran pada kelas RSBI di SMP Negeri 3 Malang, (3) Mendiskripsikan cara mengatasi problematika yang dialami oleh
guru sejarah dalam pemanfaatan media pada kelas RSBI di SMP Negeri 3 Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh berupa kata-kata dari guru sejarah, wakil kepala sekolah, wakasek sarana dan prasarana dan siswa pada kelas RSBI serta dari tindakan guru sejarah dan data arsip sekolah. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dengan langkah : (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data dan (4) penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
Hasil penelitian dan analisis data penelitian ini menunjukkan : (1) pemanfaatan media pembelajaran dalam proses pembelajaran sejarah pada kelas RSBI di SMP Negeri 3 Malang sudah dimanfaatkan dengan baik namun belum optimal, (2) Hambatan-hambatan yang timbul dalam pemanfaatan media
pembelajaran meliputi dari guru sejarah yaitu adanya keterbatasan pengetahuan, masih terpakunya guru sejarah pada metode ceramah serta adanya keterbatasan waktu, dari sekolah yaitu adanya keterbatasan daya listrik dan dari siswa yaitu adanya penyalahgunaan laptop oleh para siswa di kelas RSBI, (3) upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi problematika yang dialami dalam pemanfaatan media pembelajaran yaitu berkoordinasi dengan teman-teman guru yang lain, berusaha sendiri untuk mempelajari media-media yang sekarang belum dikuasai dan memberikan pembatasan serta meningkatkan pengawasan terhadap pemanfaatan laptop yang dibawa oleh siswa pada kelas RSBI. Pihak sekolah yaitu SMP Negeri 3 Malang juga berupaya untuk mengatasi problematika yang dialami oleh guru sejarah diantaranya mengadakan workshop dan MGMP tentang media (IT) untuk guru, melengkapi fasilitas yang ada seperti LCD, komputer dan Hot
Spot dan memberikan pinjaman lunak bagi guru yang ingin membeli laptop sendiri khususnya pada kelas RSBI.