PENERAPAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM KERANGKA LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN KELAS PADA MATAKULIAH GEOGRAFI SOSIAL DI JURUSAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Yuswanti Ariani Wirahayu

Jurusan Geografi, FIS Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5 Malang

Abstrak: Lesson study (LS) merupakan kegiatan pengembangan professional pengajar secara kolaboratif yang pengembangannya diawali dari Jepang. Penerapan LS pada pembelajaran diharapkan dapat menjadi sarana refleksi bagi dosen model maupun dosen yang berperan sebagai observer, untuk memperbaiki pembelajaran, sejak dari perencanaan, penentuan model pembelajaran, pengembangan materi, penentuan media, serta penilaian. STAD dipilih sebagai model pembelajaran dengan alasan model ini dapat melatih kerjasama antar mahasiswa dengan cirin adanya suatu struktur tugas, tujuan kelompok dan penghargaan kooperatif. Mahasiswa bekerjasama dalam situasi semangat pembelajaran kooperatif untuk mencapai tujuan bersama dan mengkoordinasikan usahanya untuk menyelesaikan tugas. dapat mernbantu siswa memahami materi pelajaran yang sulit serta menumbuhkan kemampuan kerjasama, berpikir kritis, dan mengembangkan sikap sosial siswa. Tujuan utama dari kajian ini adalah untuk mendeskripsian kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas. Lebih khusus, berlujuan untuk mendeskripsikan usaha yang dilakukan dosen model dalam meningkatkan pengelolaan kelas.

Kata Kunci: STAD, LS, pengelolaan kelas.

Makalah disajikan pada Seminar Lesson Study, FIS UM, 27 November 2013, ISBN: 978-602-9461-62-6